Cara Memotong Bawang Merah Agar Tidak Perih

Cara Memotong Bawang Merah Agar Tidak PerihMengupas bawang merah biasanya memang menyebabkan mata perih dan bahkan bisa menangis tanpa sebab. Sebagian orang lebih memilih mengupas bawang putih ketimbang bawang merah. Namun seperti yang kita ketahui bahwa bawang merah merupakan salah satu bumbu yang sering digunakan oleh orang untuk memasak. Apalagi orang Indonesia, hampir semua masakanya menggunakan bawang merah.

Bahkan penggunaan bawang merah lebih banyak jika dibandingkan bawang putih. Nah tenang saja, ada berbagai Cara Memotong Bawang Merah Agar Tidak Perih dari berbagai sumber yang kami dapatkan. Simak ulasan berikut ini:

Cara Memotong Bawang Merah Agar Tidak Perih

Baca juga : Cara Membuat Cumi Masak Bawang Merah Enak dan Lezat

  1. Pertama yaitu sebaiknya dinginkan bawang merah terlebih dahulu sebelum dipotong dengan cara masukkan bawang merah ke dalam lemari es terlebih dahulu beberapa menit. Nah ketika di lemari es, proses pendinginan inilah yang dapat memperlambat reaksi kimia yang dikeluarkan ketika bawang dipotong-potong. Adapun caranya yaitu sebaiknya kupas bawang terlebih dahulu, kemudian masukkan ke dalam lemari es beberapa menit. Kemudian ambil bawang dan iris atau potong sesuai selera.
  2. Yang kedua, sebaiknya gunakan pisau yang tajam. Hal ini dikarenakan bisa membantu mengurangi penguapan enzim yang dikeluarkan bawang merah yang bisa membuat Anda menangis pada saat dipotong-potong. Karena jika pisau yang Anda gunakan tidak tajam atau tumpul, hal yang terjadi yaitu gesekannya akan berlebihan dan bisa membuat enzim yang keluar juga berlebihan dan membuat Anda menangis ketika memotongnya.
  3. Yang ketiga yaitu Anda juga bisa melakukans esuatu dengan mengunyah permen karet. Permen karet dipercaya bisa mengurangi air mata yang mengalir ketika mengupas bawang.
  4. Yang keempat yaitu Anda juga bisa memanfatakan air yang mengalir. Caranya yaitu kupas atau potong bawang merah di bawah air yang mengalir. Hal tersebut dipercaya bisa menghilangkan zat pemerih mata yang ada di dalam bawnag merah.
  5. Yang kelima yaitu Anda bisa memotong bagian atas bawnag merah terlebih dahulu, lalu mengupas kulit luar bawang merahnya. Hal tersebut merupakan ungkapan dari The National Onion Association karena produksi air mata akan berkurang jika mengupas bagian atasnya terlebih dahulu.
  6. Yang keenam yaitu Anda bisa mennggunakana kipas angin sebagai bantuan. Ketika mengupas atau memotong bawang sebaiknya gunakan kipas angin karena kipas angin bisa membuat zat belerang menjahui wajah Anda dan hal tersebut bisa membantu Anda untuk mengurangi perihnya mata pada saat memotong bawang.

Baca juga : Cara Membuat Tumis Bayam Merah Enak dan Gurih

Itulah tadi beberapa Cara Memotong Bawang Merah Agar Tidak Perih yang bisa Anda coba di rumah agar saat memotong bawang merah tidak menangis dan tidak terasa perih. Semoga bermanfaat!

TAG

resep nagasari kue tradisional,bagaimana keripik ubi ungu
Cara Memotong Bawang Merah Agar Tidak Perih | Aurah Nurulhidayah | 4.5